Selasa, 20 Maret 2012

Part2 : Petualangan Borneo Island ( Penajam Paser Utara)

Petualanganku kali ini menuju daerah Penajam Paser Utara, perjalanan dimulai jam 3 pagi disaat pagi buta yang dingin dan enak - enaknya tidur, alhasil karena aku satu - satunya cewe tercantik dalam tim, akhirnya akulah yang bangun telat 5 menit sebelum keberangkatan, jadilah cuma gosok gigi dan pake bedak siap melanjutkan tidur di mobil.

Perjalanan dari Samarinda menuju paser utara membutuhkan waktu sekitar 6 jam, akhirnya kami sampai di depan kebun PT FSS dan track yang menantangpun dimulai.

Perjalanan dari depan kebun menuju kantor PT FSS membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam dengan track turun naik bukit tanah liat perjalanan yang sangat mendebarkan karena beberapa kali mobil sempat terpeleset dan kehilangan kendali.

Sekitar satu jam perjalanan, karena kondisi jalan yang licin dan lengket seperti lem akhirnya mobil kami terperosok kedalam lumpur. terpaksa olah raga dibawah terik matahari yang sangat menyengat.

setelah coba di dorong, mobil justru terperosok makin dalam sampai akhirnya pak bos harus turun tangan, dan dengan keahlian dan mungkin hobby offroadnya si Bos akhirnya mobil dapat jalan kembali.
perjalanan kembali kami lanjutkan dengan mobil yang sudah penuh lumpur dan akhirnya si bos yang stir mobil sampai ke kantor PT FSS yang seperti melalui jalan tanpa ujung

akhirnya setelah melalui 58 km perjalanan dengan track yang menegangkan sampai juga kami di pos penjagaan PT FSS, setelah melapor kepada security kami langsung disambut dengan pemandangan tumpukan kayu - kayu alam hasil pembukaan lahan

dan petak - petak tanaman akasia yang merupakan komoditi utama dari PT FSS

akhirnya kami sampai juga di kantor PT FSS walau kami telat sampai 2 jam namun Pak Andik RnD PT FSS tetap menyambut hangat kami bahkan karena sudah masuk jam makan siang kami langsung di persilahkan makan.

selesai makan kami langsung mempersiapkan diri untuk melakukan presentasi, karena pihak formulator berhalangan hadir akhirnya secara mendadak siap tidak siapa, mau tidak mau dan suka tidak suka aku harus menggantikannya presentasi. kalau presntasinya didepan buruh semprot si ga begitu gerogi ini ini di depan districk manager dan manager - manager PT FSS. otomatis keringat dingin langsung membasahi keningku. tapi satu hal yang membuat aku tenang Bos ku bilang " kamu tebar pesona aja, mereka sudah salut ko liat cewe berani masuk hutan" yup... akhirnya dengan modal nekad dan tebar pesona kami harus tetap presentasi. show must go on!!!

Presentasi Penggunaan Alat Pelindung Diri dalam pengaplikasian Pestisida oleh Marlinda Sari
Presentasi Safety used Pesticide oleh Bapak Jhonson Sahlan
Tim dari PT Agro Natural untuk memberikan Training Safety Used Pesticide
dan ini lah antusias peserta presentasi, yah... walaupun bukan materinya yang diperhatiin tapi yang presentasi alias aku (geer hehehe) tapi so far presentasi kali ini sukses dan semua peserta yang hadir puas dengan training yang kami berikan

selesai presentasi ga afdol kalau tidak foto bareng, dan ternyata orang kebun pun narsis - narsis.
awal foto masih malu - malu muka cool dan serius
ini juga masih malu - malu dan jaim
yang ini nih.... mulai mengeluarkan gaya bebas dan narsisnya orang kebun hehehe...
selesai presentasi kami langsung bersiap pulang dan pamit, tapi karena kondisi hujan hal yang tak didugapun terjadi, mobil yang kami tumpangi terperosok dan tidak bisa jalan karena medan tanah merah yang sangat lengket dan licin seperti sabun akhirnya kami pun terpaksa menginap di mess ditengah hutan, tanpa bawa baju ganti karena memang tanpa persiapan. dan yang lebih menambah kesan ditengah hutan ternyata tidak ada signal... yah akhirnya terpaksa sehari tanpa signal.. bikin orang rumah panik dan yang dilaut juga panik princessnya seolah menghilang seharian tidak bisa di hubungi.
inilah mess tempat aku dan tim tidur.

untungnya masih ada pegawai cewe walau satu orang yang akhirnya menemani aku tidur ditengah hutan lengkap dengan suara binatang malam yang mencekam. bener - bener seperti acara jejak petualangan. ternyata bukan sampai disitu saja, entah salah makan apa? perkiraan aku si kopi susu yang diminum ditengah jalan mungkin air yang digunakan tidak dimasak sampai matang akibatnya. aku diare, kebayang dong ditengah hutan, harus bolak - balik toilet sampai delapan kali untungnya rekan kerjaku Wahyu setia nungguin aku ketoilet di pinggir hutan. Thanks Bro...!!
tidur ditengah hutan menunggu pagi terasa sangat lama apalagi dengan suara - suara binatang malam yang bikin tidur tidak tenang, dan kebiasaan aku sebelum tidur selalu dininaboboin by phone sama CyngQ ini ngeliat hp yang ada hanya prustasi. HP sebagus dan sehebat apapun ditengah hutan seperti ini tetap tidak ada artinya teman. tapi lagi2 untung teman tidurku mbak Vero karyawan PT FSS asik diajak ngobrol sampai aku akhirnya bisa tidur.
pagi harinya walau hanya bisa gosok gigi, dan untungnya ternyata aku bawa baju perusahaan jadilah aku satu - satunya cewe dan satu - satunya orang yang paling wangi di tim agro natural. setelah dandan kami sempat menikmati suasana pagi melalui gazebo di samping mess. dan so pasti harus narsis - narsisan dong.

dan ini adalah nursery atau pembibitan PT FSS. disinilah bibit akasia di semai

Sebelum pulang kami dipersilahkan makan dulu dikantin. akhirnya aku merasakan kenapa banyak pekerja di perkebunan tidak betah karena selain tidak ada hiburan juga tidak ada pilihan makanan, apa yang dihidangkan hanya itu yang bisa dimakan. dan menu hari ini bandeng... otomatis aku tidak bisa makan karena aku alergi bandeng, alhasil aku hanya makan mie, nasi kuning dan sambal hiks,,, hiks....
usai makan kami masih harus sabar menunggu sampai jalan kering dan tanah mengeras. akhirnya sekitar jam 1 siang kami diizinkan untuk keluar dari kebun karena jalan sudah kering dan mengeras. sepanjang perjalanan tidak banyak tim yang bicara semua pada larut dalam doa berharap hujan tidak turun lebat karena gerimis mulai menetes. sekitar 2 jam perjalanan yang sangat menegangkan akhirnya kami berhasil keluar dengan selamat walau tetap ada insiden - insiden yang memacu adrenalin karena mobil hilang kendali. tapi tetap aku sangat bersyukur akhirnya bisa keluar dari kebun dan mengabari orang - orang tercinta yang panik karena sehari semalam aku tidak ada kabar.
ini mobil yang berjasa besar dan sudah bekerja keras menemani kami kekebun, tapi setelah keluar dari kebun akhirnya mobilnya masuk RS juga alias bengkel hehehehe
tapi tenyata tantangan ga hanya sampai disitu, ternyata jalur darat terputus terpaksa kami harus melalui jalur laut, dan yup... walau punya pacar pelaut tapi baru pertama kali ini aku naik kapal ferry, dan menikmati panorama laut dari atas kapal.
Ternyata indah juga panorama dari tengah laut memperhatikan banyak kapal lalu lalang

eksis dan narsis so pasti, paling cantik dan wangi gitu loh dalam tim hehehehe
tapi setengah perjalanan ditengah laut bosen juga ya yang diliat cuma air biru, hmm... sekarang baru kebayang gimana kamu yang tiap hari ditengah laut pasti bosen bgt ya Cyg?? untung ada aku yang selalu menghibur kamu walau cuma via telpon hehehe
dan tugasku di Samarindapun berakhir, dan kini aku harus kembali ke Jakarta menghadapi kemacetan dan segala hiruk pikuk kota jakarta

Selamat tinggal Samarinda, Selamat tinggal Pulau Borneo.. semoga suatu hari nanti aku bisa kembali menginjakan kaki di bumi Borneo di sisi yang berbeda dengan petualangan - petualangan selanjutnya. Saat ini Kalbar dan Kaltim sudah aku jelajahi, Kalteng dan Kalsel segera menanti suatu hari nanti
Dan disambut cuaca mendung akhirnya aku tiba kembali Di Jakarta. Petualangan sehari di tengah hutan tanpa sinyal membuat aku merasa beruntung dapat menikmati kemajuan teknologi di kota ku tercinta karena ternyata peran HP bagiku sangat besar terutama untuk berbagi dengan orang yang ku sayangi, teman curhat terbaikku, yang walau kadang nyebelin tapi hanya mendengar suaranya aku bisa merasa aman dan damai, tidak seperti saat ditengah hutan tidak bisa mendengar suaramu sebelu tidur membuat aku gelisah sepanjang malam. dia adalah my lovely...calon suamiku,,, calon imamku,,, Insa Allah

LOVE U EVER AND FOREVER...